Selasa, 26 April 2016

Awal Seni Rupa Modern


Ada beberapa aliran seni lain yang tidak berkaitan secara langsung dengan desain, yaitu: Ekspresionisme, Kubisme, Futurisme, Konstruktivisme, Surealisme, De Stilj.
1.  Ekspresionisme
Karya seni yang dihasilkan oleh ekspresi atau perasaan spontan atau religius dari seorang seniman.


Ekspresionisme ditampilkan pada tahun 1900-1906 oleh seniman seperti Van Gogh, Gaugin dan Paul Cezanne. Karya mereka sangat bebas.
                                                                  salah satu karya van gogh


Ekspresionisme dihadikan oleh seniman Jerman dalam kelompok Fauvisme, Die Brucke, Blaue Reiter, dan Neuve Sachlichkeit.
*Fauvisme memiliki arti “binatang buas” ini merupakan julukan dari kritikus kepada seniman yang pameran th 1905 di Paris. Tokoh yang terkenal adalah Henry Matisse dan Toulouse Lautrec. 


*Die Brucke (The Bridge / Jembatan) aliran yang terdiri dari seniman-seniman yang hidup dengan gaya Bohemian di Dresden. Gaya lukisannya terlihat semakin kasar (violent) dan agresif, tokohnya Ludwig Kirchner. 


*Blaue Reiter (Blue Rider / Penunggang Biru), lukisan ekspresionisme yang lebih terstruktur, tokohnya Wassily Kadinski dan Franz Marc. Kadinsky merupakan perintis seni abstrak murni bersama Picasso dan Braque (Kubisme). 

*Neue Sachlichkeit (New Objectivity / Objektivitas Baru), kelompok seniman Jerman (Republik Weimar) yang karyanya memiliki perhatian terhadap masalah-masalah social, tokohnya: Otto Dix, Kaethe Kolwitz dan Gerd Arzt


2. Kubisme
Sekilas mengenai Kubisme, istilah Kubisme berasal dari kata cubic, kubus, atau kotak. Aliran seni ini memandang kubus sebagai unsur dasar yang membentuk setiap benda di alam semesta, tokohnya: Pablo Picacco dan Georges Braque. Kubisme pada dasarnya adalah perubahan cara melukis; yang sebelumnya menggunakan pendekatan perseptual (pengindraan) ke gaya dengan pendekatan konseptual. Karya Kubisme tampil dengan bentuk geometris serta cara pemotongan citra dengan objek tanpa ekspresi menandakan lahirnya gaya visual modern. Kubisme dalam prosesnya mempengaruhi perkembangan aliran seni lain seperti: Futurisme dan Konstruktivisme 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar