Selasa, 26 April 2016

3 Masa Perkembangan Seni


Tinjauan seni ini atau seni visual akan dibagai menjadi 3 dalam kurun waktu sebelum tahun 1900, yaitu: 1. Prasejarah, 2. Masa Renaissance (Teknologi printing), dan Masa Victorian dan Art Nouveau (revolusi industry). 
1. Masa Prasejarah, Pada masa ini bahasa visual yang pertama kali dapat diamati di gua-gua tua yang menjadi tempat tinggal manusia. 35.000 tahun yang lalu manusia telah menggambar di dinding gua tentang kegiatan mereka (berburu) 


2. Masa Renaissance (Teknologi Printing), Pada masa ini disebut zaman Renaisans (Renaissance dalam bahasa Perancis) tau zaman kelahiran kembali kebudayaan Yunani Romawi di Eropa pada abad 15 dan 16. Pada masa ini ditemukan teknologi cetak oleh Johannes Gutenberg berupa mesin typesetting. Hal ini membuat berkembangnya media cetak seperti buku di Eropa. Style Renaisan banyak digunakan untuk media cetak. Perkembangan Typesetting membuat orang membuat atau memproduksi jenis huruf.


 3. Masa Victorian dan Art Nouveau (revolusi industry)

Masa ini ditandai dengan ditemukannya mesin uap di akhir abad 18 lalu terjadi revolusi industry.
Hal tersebut ,e,pengaruhi budaya kerja manusia yang digantikan oleh mesin. Produk dibuat secara massal, industry berkembang, begitu pula periklanan. Media iklan untuk mempromosikan barang yang bnanyakdigunakan saat ini adalah media poster.Akhir abad 18 muncul gerakan seni dan kerajinan (the arts and crafts movement), Arts and Crafts Movement adalah sebuah gerakan yang berikhtiar membangkitkan kembali keterampilan tangan manusia dalam seni dan kriya (craft) sebagai bentuk penolakan terhadap industri bertenaga mesin. Penjelasan singkat di atas mempengaruhi kesenian baik seni lukis, patung, kerajinan, arsitektur, dan sastra.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar